Diposkan pada Update Dunia, Update Indonesia, Update Kesehatan

Negara Mana Saja Selain Indonesian yang Tidak Menerapkan Lockdown

Lock Down yaitu Karantina wilayah adalah penerapan karantina terhadap suatu daerah atau wilayah tertentu dalam rangka mencegah perpindahan orang, baik masuk maupun keluar wilayah tersebut, untuk tujuan tertentu yang mendesak.
Pengertian lockdown dalam pandemi Covid-19 menurut Merriam-Webster lockdown adalah sebuah keadaan darurat yang membuat seseorang untuk tidak diperbolehkan masuk atau keluar dari sebuah wilayah tertentu dalam kurun waktu tertentu.

  1. Amerika Serikat

Saat ini jumlah penderita corona di AS pada Jumat 27 Maret tembus 82.404, melebihi China dan Italia peringkat pertama penderita terbanyak. Angka kematian tembus 1.000 jiwa. WHO telah memperingatkan AS agar lebih cepat dalam penangangan corona. Presiden Amerika Serikat Donald Trump berkukuh tidak akan menerapkan lockdown secara menyeluruh.

  1. Korea Selatan

Korea Selatan negerinya para opa ini juga menghindari opsi lockdown. Meski begitu, Korsel berhasil menekan jumlah penyebaran corona tanpa lockdown, yakni dengan tes masal 10.000 orang per hari. Angka penderita corona di Korsel kini sebanyak 9.241 orang. Sebanyak 131 meninggal dan 4.144 orang sembuh.

  1. Pakistan

Saat ini, Pakistan memilih untuk menginstruksikan warganya melakukan social distancing. Perdana Menteri Pakistan Imran Khan menolak usulan lockdown. Menurutnya, lockdown hanya akan berimbas pada 25 persen populasi Pakistan yang hidup di bawah garis kemiskinan. Mereka berpotensi kehilangan penghasilan. Di Pakistan, angka penderita corona telah mencapai 1.178 orang. Sebanyak 9 orang meninggal dan 21 pasien dinyatakan sembuh.

  1. Indonesia

Negara kita tercinta kasus corona mencapai angka mengkhawatirkan sudah 893 positif, 78 meninggal, 35 sembuh. Jumlah pasien positif dan meninggal terus melonjak. Meski begitu, pemerintah belum berpikur untuk menerapkan lockdown. Menurut bapak presiden hal ini bisa berakibat fatal pada perekonomian. Indonesia ingin mengikuti jejak Korsel yang bisa bertahan dan menekan penularan tanpa harus lockdown, yakni dengan tes massal. Tapi pada kenyataannya penanganan corona di Indonesia dan Korsel jauh berbeda.

Penulis:

Ikhtiar&Doa

Tinggalkan komentar